Diagnose Kerusakan Komputer

info pasar dan peluang bisnis
Berbeda dengan sebelumnya, Info pasar kali ini berbagi informasi  tentang  teknik computer terutama bagi pengguna yang sedang asyik-asyiknya mengelola bisnis online atau mengumpulkan point DonkeyMail, Bux to atau berkomunikasi dengan jaringan People String atau Giblink, terpaksa harus terhenti  gara-gara computer hang atau lemot. Tetapi saya tidak akan membahas teknik computer secara detail saya hanya membahas  masalah-masalah umum yang sering terjadi, misalnya Memeriksa dan memperbaiki Hard Disk, Menyelamatkan Data pada Hard Disk, Diagnose Komputer berdasarkan kode Morse, Bluescreen, Install ulang, Anti Virus, Printer macet.

Satu hal yang harus diperhatikan ketika computer Anda bermasalah adalah “Jangan Panik”, akhirnya Anda memikirkan computer yg rusak bukannya memikirkan cara untuk menyelesaikan pekerjaan, karena panic masalah sepelepun menjadi Nampak besar.

Sering terjadi para pengguna telah direpotkan bahkan menunda pekerjaannya karena masalah computer yang sepele, misalnya memory longgar atau Hard Disk tidak terbaca Bios dan sebagainya. Terpaksa computer dibawa ke bengkel service kompter dan ditinggal 2-3 hari bahkan sampai 1 minggu.

Secara teory komputer telah dirancang berdasarkan modul, dan modul tersebut akan memberikan sinyal atau kode morse apabila ada kerusakan, kode morse setiap modul berbeda.
Sinyal inilah yang akan membantu Anda untuk mengetahui kerusakan pada computer, biasanya komputer normal akan berbunyi “bep” satu kali, kemudian layar akan menampilan peripheral yang ada pada motherboard sesuai dengan setting bios, dilanjutkan dengan runing system sampai selesai.

Monitor Gelap dan lampu kedip atau kuning.
Diagnose :
Nyalakan computer perhatikan kode morse :
  • Tidak ada morse, kemungkinan kesalahan kabel Data Hard Disk/CD Room terbalik. Seharusnya sisi yang berwarna merah pada kabel data berdekatan dengan kabel power pada HDD/CDRom.
  • “Bep... beeeep” kemungkinan masalah memori. Keluarkan memory  dan bersihkan pinnya, pasangkan kembali dan nyalakan computer, apabila masih tetap kemungkinan besar memory rusak.
  • “bep..bep bep..bep” kemungkinan VGA Card. Periksa kabel data yang menghubungkan  monitor dan VGA Card.  Apabila masih tetap, keluarkan VGA Card dan bersihkan pinnya, pasangkan kembali dan nyalakan computer, apabila masih tetap kemungkinan VGA rusak.
Itulah informasi seputar masalah computer, kalau ada yang tidak mengerti atau mau konsultasi silahkan tulis comment  Insya Allah aka saya balas. Selamat mencoba. Tetapi apabila Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang diagnose download PDF disini.
Tulisan berikutnya akan membahas tentang  BLUE SCREEN, Layar berwarna biru dan menampilkan pesan kerusakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa tulis komentar Anda.