Mengatasi Blue Screen

info pasar dan peluang bisnis.
Sesuai dengan janji saya pada tulisan diagnose computer yang lalu, saya akan meanjutkan dengan topic blue screen.  Masalah ini sering dialami terutama pada computer  yang sering ganti peripheral, atau sering ganti program aplikasi atau game. Pada umunya blue screen muncul pada saat windows XP sedang berjalan.
Blue screen adalah dimana monitor menampilkan back ground biru dengan teks putih yang melaporkan  bahwa proses system XP tidak dapat dilanjutkan karena ditemukan  kerusakan  pada salah satu hardware ; Memory, Procesor, Hard Disk atau perangkat external lain yang tidak sesuai dengan windows XP.
Beberapa penyebab blue screen diantaranya :
-    System Windows XP hasil cloning;
-    driver perangkat keras external (VGA, Audio) tidak sesuai;
-    Memory tidak cocok, atau rusak;
-    File system atau program pada hardisk telah rusak atau hilang;
-    Installasi Windows XP tidak sempurna.
-    Suhu Procesor  atau chip terlalu tinggi;
Jangan panic ketika menghadapi  blue screen, karena tidak semua masalah blue screen berarti  komputer rusak. Mungkin karena driver perangkat external atau file system / programnya rusak, berpikirlah positip dan mulai langkah awal dari yang ringan :
1.    Lepaskan Memory lalu bersihkan pinnya dan pasang kembali, apabila masih tetap test dengan memory yang bagus.
2.    Apabila dengan pergantian memory masih tetap lepaskan perangkat external lain.
3.    Apabila masih tetap, lakukan installasi ulang windows XP dari CD yang bagus, karena mungkin saja CD sumber Windows yang cacad.
4.    Apabila installasi windows tidak berhasil, cobalah  install ulang dengan hard disk yang berbeda dan lebih baik.
5.    Apabila dari langkah 1 s.d 4 sudah dilaksanakan dan tidak berhasil kemungkinan besar ada salah satu perangkat  (Memory, Procesor/chip) yang rusak.

Tip:
Gunakan prosedur menyalakan dan mematikan computer dengan benar, sebaiknya jangan sering menyalakan dan mematikan computer seperti menggunakan radio.
Apabila Anda akan beristirahat atau meninggalkan computer hanya 1-2 jam kemudian Anda akan melanjutkan kembali pekerjaan, sebaiknya computer jangan dimatikan cukup gunakan standby atau biarkan karena secara otomatis computer akan stand by sendiri.

Semoga tulisan ini bermanfaat, lain waktu saya akan bahas mengenai Pengelolaan Hardisk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa tulis komentar Anda.